Categories: Pengembangan diri

by Nanda Lubis

Share

Categories: Pengembangan diri

by Nanda Lubis

Share

mengisi waktu luang, selama pandemi, agar tidak bosan

mengisi waktu luang agar tidak bosan selama pandemi – Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, balik lagi di blog kesayangan kita ini pasgabut.com

Kali ini pas gabut akan membahas tentang beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar tidak bosan di masa pandemi.

Tentunya tidak bisa kita pungkiri pandemi dan lockdown selama hampir 2 tahun ini membuat kita jenuh kan ya ?!.

Akibatnya kita jadi suntuk di rumah terus, dan mulai kehabisan cara mengakali menghabiskan waktu di tiap harinya.

Tapi coba tengok deh, di bawah ini kami menyediakan beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan selama masa pandemi, adakah yang sudah kalian kerjakan.

Atatukah ada yang belum kalian kerjakan, jika dirasa ada yang kurang bisa ditambahkan dengan mengkomentari atau memberikan pesan pribadi ke media sosial saya.

Berolahraga

Sebelum menuliskan atau mengetikkan artikel ini di malam hari teepatnya sekitaran pukul 6 sore saya sebelumnya melakukan aktivitas olahraga seperti lari sore, jumping jacks, sit up, dan push up.

Setelah sekian lama tidak melakukan aktivitas olahraga, rasanya sungguh menyegarkan, tidak tau apakah saya bisa melakukannya dengan rutin kedepan.

Semoga saja.

Ikut kelas tambahan

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, kita tidak mesti melakukan berkumpul di suatu ruangan untuk mengikuti sebuah kelas.

Belakangan ini sangat marak sekali sekolah atau kursus online, didorong dengan program pemerintah sendiri, kelas-kelas tambahan untuk memperlajari hal baru.

Seperti pemasaran digital, public, speaking, investasi dan sebagainya bisa diakses melalui situs yang menyediakannya seperti skill academy untuk di dalam negeri dan udemy untuk situs internasionalnya.

Aanda bisa menocba mengikuti kelas tambahan tersebut untuk menambah kemampuan.

Pergi ke tempat baru

Travelling adalah istilah yang lebih singkat untuk mengatakan hal ini, tetapi travelling menjadi lebih sulit karena beberapa peraturan dan prosedur jika yang dimaksud adalah travelling ke luar kota.

Maka dari itu, hal ini bisa disiasati dengan menjelajahi tempat baru di wilayah yang masih masuk ke dalam kabupaten, kota atau provinsi dimana kamu bertempat tinggal.

Yang mana tempat tersebut belum sama sekali didatangi oleh dirimu, bahkan oleh siapapun akan menjadi lebih menarik bukan.

Tempat yang kamu datangi bisa beragam, tidak melulu ke alam lepas untuk menikmati pemandangan alam, temmpat umum seperti pasar juga bisa dijadikan tujuan.

Apalagi jika kamu belum pernah pergi ke pasar, pasti akan takjub dengan pengalaman baru yang dirasakan.

Berkumpul dengan orang terdekat

Berkumpul dengan orang terdekat di masa pandemi tentunya bisa sangat dicoba untuk dilakukan untuk menjalin kebersamaan dan menimbulkan suasana harmonis dalam keluarga.

Hal ini mungkin sedikit sulit bagi orang-orang yang sedang merantau, namun bukan berarti tidak bisa dan tidak mungkin.

Maka dari itu bagi siapapun yang tempatnya bekerja tidak jauh dari keluarga, bersyukurlah dan manfaatkan waktu sebaiknya bersama keluarga.

Ikut kegiatan sosial

Kegiatan sosial bisa menjadi sesuatu yang baru dan berkesan bila dilakukan, apalagi jika dilakukannya di masa kecil, bisa menjadi bibit karakter yang baik untuk anak.

Tidak terlepas juga untuk orang dewasa, sama juga halnya demikian.

Salah satu contoh kegiatan sosial yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan makanan, atau untuk masa pandemi ini bisa membagikan masker.

Waktunya juga bisa disesuaikan dengan peringatan hari besar tertentu supaya semakin mengena dan membekas.

Membaca buku

Membaca buku merupakan kegiatan favorit saya juga lho untuk mengisi waktu luang, karena dengan buku yang beragam macam muatannya.

Macam tema buku yang ada seperti fiksi, nonfiksi, puisi, filosopi, biografi, dan lainnya.

Bisa membuka wawasan kita, saya sendiri hobi sekali membaca buku dengan tema pengembangan diri, meskipun diri saya sudah berkembang secara harfiah.

Seorang pria dengan berat badan berkisar 92 kg, hehehe.

Memelihara hewan

Saya sebenarnya sangat tertarik dengan kegiatan yang satu ini, karena bisa melatih jiwa orang tua kita, meski media yang digunakan adalah hewan.

Dengan memelihara hewan berdampak besar juga kepada pengolahan rasa empati dan sayang kita lho.

Beberapa hewan yang umum dipelihara adalah anjing dan kucing, namun tidak berhenti disitu, segelintir orang ada yang memelihara binatang unik seperti ular, kadal, bunglon, dll hingga macan.

Mendekatkan diri kepada Allah

Semestinya setiap waktu kita berupaya semakin dekat dengan pencipta kita, jadi di masa pandemi ini harus lebih dan lebih lagi dong.

Selesai pandemi juga tetap dipertahankan yaaa, karena ini kewajiban kita sebagai umat beragama di muka bumi ini.

Menonton film

Sudah sangat umum sekali banget sih ini, karena dengan menonton film adalah pilihan yang pas untuk mengisi waktu luang.

Sambil diam duduk kita mencerna alur cerita film tersebut dan mengambil pembelajaran darinya dan mungkin dijadikan bahan perbincangan di tongkrongan pada malam hari.

Kerjakan hobi

Hobi adalah sesuatu yang tidak bosan-bosannya kita kerjakan, mau sampai kapanpun, ye gak?.

Bisa dengan bermain game, sama dengan hobi saya, atau anda bisa lakukan hal yang anda suka seperti mengupil dengan 2 jari, atau apapun itu hehe.

Penutup

Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, saya sendiri sudah menyiapkan list nya dan daftar ini akan terus berkembang jika ada hal baru yang bisa ditambahkan.

Pantengin terus yaaa.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

View all

  • Cara berbicara dengan baik dan sopan Cara berbicara

    Cara berbicara dengan baik dan sopan – di depan umum […]

    Continue reading
  • Definisi bahagia – ada yang mengatakan bahwa kebahagiaan itu jangan […]

    Continue reading
  • Cara mengatasi prorastinasi – tak satu pun dari kita yang […]

    Continue reading