Categories: Tutorial

by Nanda Lubis

Share

Categories: Tutorial

by Nanda Lubis

Share

cara order shopee food

Halo teman-teman ketemu lagi dengan saya di blog PasGabut, pada tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial lagi kali ini tentang cara bagaimana order atau pesan di shopee food.

Yaitu fitur baru yang ada pada aplikasi shopee.

OK langsung saja kita mulai tutorialnya langkah pertama kalian buka aplikasi shopee di handphone yang kalian miliki.

Baca juga tutorial dari blog PasGabut tentang Cara wudhu yang benar lengkap sesuai sunnah rasul

Shopee food

Kemudian setelah halaman utama shopee terbuka di bagian menu utama kalian cari fitur shopee food kemudian klik ikon shopee food tersebut yang dilambangkan dengan sendok dan garpu dengan latar belakang warna orange khas shopee.

Setelah mengklik ikon shopee food tersebut biasanya akan muncul pop-up promo dari menu makanan dan toko yang sedang memberikan diskon besar-besaraan.

Seperti contoh disini saya mendapat iklan promo diskon 60%, jika kamu tertarik bisa dicoba diklik dan lihat ketentuan berikutnya dari promo tersebut.

Sedangkan disini saya akan skip dan melihat halaman shopee food yang berisi pilihan menu makanan dan minuman dari toko – toko makanan dan minuman yang ada di dekat lokasi kamu berada.

Secara default shopee food akan mendeteksi lokasi kita berada untuk mencari merchant yang tersedia sekitar lokasi kita.

Namun kamu juga bisa mengirim makanan dan minuman ke tempat lain untuk keluarga atau pasangan dengan cara menambahkan alamat.

Kolom pencarian shopee food

Kamu juga bisa mencari dan menyaring menu makanan dan atau minuman yang kamu inginkan dengan menggunakan kolom kotak pencarian.

Setelah diklik kolom kotak pencarian maka akan muncul pencarian populer pada fitur shopee food, disini ada croffle, boba, kopi, urger, dan sebagainya.

Cara pemesanan shopee food

Oke, selanjutnya untuk cara pemesanan atau order dari shopee food pertama pilih salah satu menu makanan atau minuman yang kamu inginkan.

Disini saya contohkan saya ingin memesan Croffle dari Xi Boba yang jaraknya lumayan dekat dengan tempat tinggal saya, mungkin jaraknya antara 1-2 km.

Kamu bisa memesan menu makanan atau minuman lain apapun itu yang berada di sekitar tempat tinggal kamu.

Klik toko tempat kamu ingin memesan menu makanan atau minuman milikmu, karena disini saya ingin memesan croffle dari xi boba yang jarak nya kurang lebih 1780 meter dari tempat saya tinggal, maka saya klik xi boba tersebut.

Dan kemudian maka akan terbuka menu apa saja yang ada pada merchant xi boba tersebut terlepas dari kita pada awalnya hanya ingin memesan croffle saja tadi kan.

Di samping menu-menu makanan dan minuman tersebut ada ikon + , klik ikon tersebut di bagian menu makanan atau minuman mana yang kamu ingin pesan.

Disini saya mengklik ikon + pada croffle saja karena hanya menu tersebut yang saya inginkan sebagai contoh.

Maka setelah diklik akan ada pilihan varian dari menu makanan dan minuman tersebut, disini pilihan yang tersedia untuk croffle dari xi boba adalah level kemanisan dari gulanya normal atau lebih sedikit.

Dan juga ditambah rekomendasi menu lainnya yang tersedia dari merchant xi boba ini untuk ditambahkan yaitu uncle dalgoba dan auntie biscoff boba.

Saya pilih disini yang level kemanisan gula nya normal dan kemudian klik “masukkan ke keranjang disertai dengan harga total dari pesanan yang kita order”

Setelah itu pilihan varian dan rekomendasi menu akan tertutup, jika tidak ada tambahan menu lagi, bisa langsung di checkout saja dan menuju menu pembayaran.

OTP untuk pengguna baru

Untuk pengguna baru biasanya perlu verifikasi OTP atau one time passcode, melalui no. hp via chat whatsapp maupun telfon dan juga email.

Konfirmasi pesanan

Selanjutnya masuk ke laman aplikasi fitur shopee food yang tajuknya “konfirmasi pesanan” disini menghadirkan ringkasan pesanan yang sudah kamu pilih dan juga pilihan pembayaran.

Pilihan pembayaran dan voucher

Pilihan pembayaran yang tersedia pada shopee food ada 2 yaitu bisa menggunakan shopee pay (direkomendasikan) atau COD.

Bisa juga untuk mengecek voucher jika ada diskon agar bisa memesan dengan harga yang lebih murah.

Setelah semua dirasa yakin sudah selesai kemudian klik “Pesan Sekarang”

Tinggal tunggu aplikasi bekerja

Dan shopee food akan mencarikan driver selanjutnya setelah ditemukan drivernya, kita tinggal menunggu driver shopee food tersebut membeli pesanan kita dan mengantarnya ke tujuan yang kita inginkan.

Kita juga bisa memantau status pemesanan driver shopee food kita sudah berada dimana lho dengan menggunakan aplikasi fitur shopee food juga.

Saran pilihan pembayaran

Saya lebih menyarankan untuk menggunakan pilihan pembayaran shopee pay ketimbang COD karena belakangan ini ada beberapa masalah yang berseliweran di berita terkait pembayaran COD.

Dan juga setelah membayar menggunakan shopeepay kita hanya tinggal mengambil makanan dari driver shopee food tersebut.

Saya rasa sudah Cukup jelas penjelasan saya kali ini tentang cara order shopee food menggunakan HP, jika masih ada yang bingung atau ada kendala dari kalian bisa tanyakan pada kolom komentar

Semoga bermanfaat jangan lupa untuk membagikan tulisan ini dan berlangganan melalui email ke blog PasGabut.

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

View all

  • Cara Pinjam Uang di Bank BRI – Bank Rakyat Indonesia […]

    Continue reading
  • Cara Buka Rekening BRI Online – Bank Rakyat Indonesia, atau […]

    Continue reading
  • Cara buka rekening BCA online – Membuka rekening bank adalah […]

    Continue reading
  • Cara cek tilang elektronik – Tilang adalah sanksi yang diberikan […]

    Continue reading