Categories: Investasi

by Nanda Lubis

Share

Categories: Investasi

by Nanda Lubis

Share

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat siang pagi sore dan malam tergantung waktu di mana anda membaca tulisan ini.

Untuk saat ini, di tulisan ini saya akan membagikan kepada para pembaca semua tentang bagaimana cara saya melakukan jual beli mata uang kripto atau lebih populer disebut dengan istilah bahasa Inggrisnya yaitu crypto currencies.

Apa itu cryptocurrency atau mata uang kripto, mata uang kripto adalah mata uang yang berbentuk digital yang yang bisa dibeli disimpan dan dipergunakan untuk melakukan transaksi jual beli kepada merchant atau penjual yang menerima mata uang tersebut.

Dan mengapa kita ingin memiliki mata uang kripto saat ini, adalah dikarenakan karena nilai mata uang kripto yang volatil atau fluktuatif sifatnya.

Sama seperti halnya mata uang konvensional pada umumnya yang harganya atau nilainya naik dan turun, mata uang kripto juga demikian.

Bahkan penurunan dan penaikan nilai dari mata uang crypto lebih cepat dan drastis ketimbang mata uang biasa seperti rupiah dolar, euro, yen, rupee, dan lain sebagainya.

Apa yang membuat mata uang digital atau mata uang kripto ini bisa populer dan hits di tengah-tengah masyarakat dunia saat ini.

Adalah karena salah satu mata uang kripto bernama bitcoin atau bila disingkat menjadi BTC seperti yang tertera pada situs perdagangan mata uang kripto.

Setelah mata uang kripto bernama bitcoin tadi menanjak popularitasnya dan diketahui oleh banyak orang yaitu masyarakat dunia.

Harganya pun semakin mahal dan terus meningkat saya sendiri mengenal bitcoin awalnya pada tahun 2013-2014 di mana harga bitcoin pada waktu itu berkisar di harga 10 jutaan per 1 bitcoin.

Sedangkan untuk saat ini harga per 1 bitcoin adalah di kisaran 850 juta, bayangkan jika saya dulu menyimpan dan memiliki 1 bitcoin dari hasil membeli di situs perdagangan mata uang kripto.

Maka saat ini saya memiliki keuntungan 840 juta rupiah dari selisih pengurangan harga bitcoin saat ini yaitu 850 juta dikurang 10 juta.

Mata uang kripto sendiri semakin menjamur setelah terjadinya fenomena kenaikan nilai harga drastis dari bitcoin ini.

Seperti contohnya yang beberapa diantarasaya unggulkan dan bisa saya sebutkan ada dogecoin, Ethereum, binance coin, stellar, monero, Tether, chainlink, bitcoin cash, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk situs perdagangan jual beli mata uang kripto di Indonesia sendiri yang sudah memiliki ijin dari bappebti adalah seperti indodax, tokocrypto, Rekeningku, pintu, dan luno.

Itu belum termasuk situs lainnya maupun yang berasal dari luar negeri namun, untuk tokocrypto sendiri sudah bekerja sama dengan binance yang merupakan situs perdagangan mata uang kripto terbesar di dunia saat ini.

Saya sendiri melakukan jual beli mata uang crypto di indodax, saya memilih indodax sebagai tempat jual beli mata uang kripto karena, indodax merupakan situs perdagangan mata uang kripto pertama di Indonesia.

Saya sudah mengenal indodax ketika tahun 2013-2014 , sama halnya di mana saya mengenal bitcoin.

Jadi, pada permulaan ini sebelum anda pembaca sekalian memulai jual beli atau bertransaksi mata uang kripto sebelumnya saya arahkan untuk membuat atau membuka akun terlebih dahulu di situs indodax.

Anda bisa mendaftar dan membuat akun di indodax dengan menggunakan link dan banner dibawah ini.

Mohon maaf sebelumnya saya tidak akan menjelaskan secara langkah demi langkah untuk membuat akun di indodax karena hal tersebut cukup mudah dilakukan.

Hanya tinggal mengikuti instruksi yang tertera pada laman pendaftaran, setelah selesai membuat akun segeralah untuk memverifikasi akun, agar status akun indodax Anda terverifikasi.

Nah dari sini kita langsung saja, akan menjelaskan sedikit bagaimana cara saya melakukan jual beli mata uang crypto di indodax.

Pertama yang saya lakukan adalah memilih mata uang kripto mana yang akan saya beli.

Cara saya memilihnya adalah dengan melihat mata uang kripto mana yang sedang mengalami penurunan terbanyak, bisa dilihat di menu utama atau laman beranda situs indodax jika anda membuka aplikasi indodax menggunakan handphone.

Maka dia akan berada di bagian bawah, disitu tertera mata uang kripto mana yang sedang mengalami kenaikan maupun penurunan harga yang terbesar saat itu selama 24 jam.

Setelah mendapatkan data mata uang kripto apa saja yang sedang mengalami penurunan besar-besaran pada hari itu.

Kemudian saya saring kembali dari beberapa data tersebut yang memiliki volume di atas 100 miliar.

Karena jika volumenya berkisar di angka 100 miliar maka transaksi jual beli mata uang kripto tersebut lumayan aktif dibandingkan yang volumenya kurang dari 100 miliar.

Setelah itu saya langsung membeli mata uang kripto tersebut dengan sebelumnya memastikan terlebih dahulu adanya saldo IDR atau rupiah di dompet digital Indodax.

Saya biasanya mengisi dompet digital indodax dengan menggunakan ovo karena fee nya lebih murah.

Atau bisa juga menggunakan virtual akun transfer dari Bank yang tertera di laman pembelian atau pengisian saldo indodax.

Selepas itu setelah membeli mata uang kripto yang saya inginkan kemudian menghidupkan alarm apabila terjadi kenaikan pada mata uang kripto yang saya beli.

Saya tidak mengincar kenaikan yang amat sangat pada mata uang kripto yang saya beli, jika terjadi kenaikan sebanyak 5% saja saya sudah take profit dan menjual mata uang kripto tersebut.

Lalu kemudian mencari lagi apa mata uang kripto yang sedang mengalami penurunan harga.

Begitu terus saya lakukan seperti sebuah siklus sampai saat ini dalam beberapa hari ini setidaknya itulah yang saya lakukan.

Oke terima kasih karena sudah membaca semoga bermanfaat dan membantu kepada para pembaca sekalian sampai berjumpa kembali di tulisan lainnya, terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

View all

  • Investasi saham menurut islam – Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, selamat siang […]

    Continue reading
  • Apa itu investasi – di tulisan blog pasgabut kali ini […]

    Continue reading
  • Apa itu reksadana – halo semuanya di tulisan ini saya […]

    Continue reading
  • Bunga deposito – halo semuanya kembali lagi ke blog pasgabut […]

    Continue reading